contoh laporan pengamatan


LAPORAN HASIL PENGAMATAN KEBERSIHAN
SMP NEGERI 1 KARANGKOBAR
A.    Pendahuluan
a.      hakikat kebersihan
Kebersihan adalah bagian dari hidup, dan kebersihan juga merupakan bagian dari iman, ada salah satu hadist yang berbunyi “anadhofatu minal iman” yang di riwayatkan oleh buhari dan ber arti  kebersihan adalah sebagian dari iman, maka orang menjaga kebersihan ebadalah orang yang beriman.
b.      ­­­­­­­­­­perlunya kebersihan
Kersihan sangatlah di perlukan sebab orang yang menjaga kebersihan akan mendapat pahala sebab allah sangat menyukai kebersihan, selain itu orang yang bersih niscaya akan sehat.
B.    ISI
1.      Kebersihan di dalam ruangan
Ruang kantor guru smp n 1 karangkobar, keadaanya sangat bagus ruanganya tertata rapi, lantainya juga bersih, hal itu sama dengan keadaan ruang tata usaha smp n 1 karangkobar, hal itu sangat berbeda dengan keadaan perpustakaan smp n 1 karangkobar, disana  lantainya kotor, buku berserakan, bangku tidak tertata. Sedangkan  ruang BP keadaanya bersih, tetapi disana banyak orang yang merokok, lalu ruangan UKS smp n 1 karangkobar  keadaanya bersih karena setiap hari anggota PMR  selalu menyapu dan membersihkan ruangan itu. Laboratorium fisika keadaanya sangat berantakan, sebab ruangan itu tidak pernah di tata, seperti  alat-alat praktek tercecer di mana-mana dan ruangan laboratorium biologi keadaanya tidak jauh beda dengan keadaan laboratorium fisika disana lantainya sangat kotor, meja dan bangku  berantakan karena laboratorium biologi di jadikan ruang kelas untuk mengganti ruang kelas 8G yang sedang di renofasi, lalu WC guru & WC kepsek keadaanya sangat bersih dan harum tidak seperti WC siswa yang kotor, kumuh, bau dan dindingnya yang  penuh dengan corat coret siswa, dan keadaan mushola smp n 1 karangkobar sangat bersih tetapi  mukena dan sarung yang ada di etalase tidak tertata dan berantakan lalu tidak ada yang di lipat.
Menurut pengamatan saya, hampir seluruh ruang kelas di smp negeri 1 karangkobar seluruhnya kotor, hanya sedikit yang bersih seperti kelas 9E, 8E,9F,& 8B, dan kelas lainya kotor-kotor hal itu mungkin di sebabkan kurangnya kesadaran akan perlunya kebersihan.




2.      Kebersihan di luar ruangan  

a.      Selokan =  musola à 7b keadaanya sangat kotor dan banyak sampah yang  ada di dalam selokan yang di sebabkan oleh siswa siswi yang membuang sampah secara sembarangan.
Selokan yang membentang dari 8f à 8b keadaanya lebih baik dari pada selokan musola à 7b, di selokan itu hanya ada sedikit sampah
b.      Halaman =  yang ada di depan kelas 9 keadaanya agak bersih, ada sedikit sampah yang berserakan, tetapi halaman yang ada di depan kelas 8 dan kelas 7 keadaanya sama, banyak sampah yang berserakan.
c.       Taman =  taman yang ada di depan kelas 9 keadaanya sangat terawat, tapi banyak tanaman yang rusak karena di rusak siswa siswi yang usil.
C.     PENUTUP

1.      Kesimpulan:
Tingkat kesadaran siswa siswi smp negeri 1 karangkobar akan kebersihan  masih rendah, sebab menurut hasil pengamatan saya, hampir seluruh ruang kelas yang ada di smp n 1 karangkobar seluruhnya kotor hanya sedikit yang bersih
2.      Saran:
Kesadaran siswa tentang kebersihan harus di tumbuhkan, dan saya harap bapak ibu guru melakukan sosialisasi tentang kebersihan.






                                                                                                                                                      HAVID ADHITAMA  [14]
8B


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »