Cara Mencetak PCB Menggunakan AUTAN Obat Nyamuk [Transfer Toner]


Membuat Layout PCB dengan Pad2Pad. 

hay…pagi semua..eh pagi siang malem WHATEVER lah. Hehe nyolot yah?? Nggak kok cuman laper lagi puasa, kali ini aku mau berbagi  cara membuat pcb, pastinya yang hobi elektro tau apa itu pcb, yap pcb PRINTED CIRCUIT BOARD atau papan rangkaian elektronika, awalnya aku juga bingung liat garis-garis  di papan rangkaian barang elektronik, dalam hati bertanya-tanya  gimana cara buatnya?? Kok bisa rapi kyag gitu? Apa perlu alat-alat canggih? Dan akhirnya semua itu terjawab sudah, aku nyari  tau cara pembuatan pcb wajarlah, dulunya nggak tau menau tentang elektronika, aku kecanduan elektronika sejak kelas 5 sd jujur  saat itu hanya coba coba, entah berapa mainan dan barang elektronik yang menjadi korban, rasa penasaran terhadap sesuatu sangat tinggi, alias kepoo heehe :D  tapi itu agak merugikan buat  ibu bapak yang beli barang itu semua, ibaratnya TERIMA BONGKAR NGGAK TERIMA PASANG  itu kata yang pas untuk aku saat itu, experimen pertama yang aku ingat adalah merusak mobil RC seharga 400 ribu (weeh dirusak cuk :v kasian amat) itu bermula karena bosan dan performa mobilnya udah jelek zzz dan akhirnya di  bongkar, bongkarnya aja nggak nglepasin baut nya tapi tk potong pake pisau body plastiknya (terlalu) kemudian aku ambil bagian motor dc terus disambung tuh pake batre dan akhirnya muter .. rasanya bahagia banget padahal Cuma mainan motor dc di gesekin ke tembok buat nulis nulis zzzz dan ketika batre sudah habis, bingung gimana caranya nggak perlu beli batre buat mainan  lagi, dan aku nekat ambil colokan listrik kemudian tk sambung ke kutub motornya, tanpa pikir panjang dan ilmu yang pas pasan yang tk kira semua listrik itu sama, aku tancepin colokan listriknya ke stopkontak rumah, hasilnya  DUARRR!!!! Seketika motor meledak, keluar api, listrik rumah mati, sikring mcb putus. Masih untung nggak mati kesetrum, haha itu kampret momen dikelas 3 SD, kejadian itu nggak bikin  aku kapok tpi bikin lebih hati-hati mainan listrik, loh kok jadi curhat…lah ngga papa.
Kembali topic
Hal yang paling awal untuk Membuat  PCB adalah beli bahanya

Siapin dulu
1.       PCB polos, harga sekitar 5 ribu dapet 20x10 cm

2.       Ferit, alias feri clorid klo gak salah rumusnya fe3CL apa apalah kagak tau, harga 7 ribu seplastik kecil
3.       Wadah plastik

4.       Air

5.       Artpaper (sejenis kertas tangalan)



alat alatnya cukup

1.       Printer laser, klo gak ada ya nanti layout pcb di fotokopi.

2.       Aplikasi desain pcb, situ mau pake apa terserah, saya rekomendasikan pake EAGLE, PAD2PAD, apa apalah yang penting bisa buat layout.




Langkah awal

1.       Buat desain pcb di aplikasi desainnya

Contoh: saya nggak buat papan elektronika tapi bikin gantungan kunci (mlenceng jauh dri 
pembahasana hehe) disini saya pake aplikasi pad2pad


Setelah desain nya sudah jadi, tinggal di print pake kertas artpaper itu …kertas kalender, yang permukaanya licin, misalnya nggak ada printer laser bisa di print pake kertas hvs dulu, kemudian di fotokopi tpi kertas fotokopianya pake kertas art itu, klo gk ada yaa motong kalender aja, intinya sama aja hehe.

Langkah selanjutnya yaitu  TRANSFER TONER

langkahnya gampang kok, tinggal print layout pcb nya di tempelin ke permukaan tembaga pcb, kemudian setrika, di alasi pake kertas biar nggak lengket, di panaskan di suhu maksimal, sambil di tekan kuat sekitar 2-5 menit, lalu celupkan ke air,  lalu bersihkan sisa kertasnya, pastikan toner tetap nempel di PCB
dan ini hasil transfer toner, belum di masukan ke ferit



Lagkah selanjutnya yaitu proses pembuatan jalur, atau polanya

Caranya, tuangkan 1 kantong plastik kecil feriklorit kedalam air kurang lebih 1 cangkir, apa terserah berapa perbandinganya…..yang penting tidak terlalu kental dan tidak terlalu cair, agar prosesnya optimal, masalahnya jika trll kentak akan merusak jalurnya, dan sebaliknya terlalu cair akan memakan aktu yang lama.

Ini prosesnya



Goyangkan wadah plastik perlahan, jika malas bergoyang goyang ….hehe di tinggal aja nggak papa, dengan posisi tembaga ke atas kalo agan nge mix ferit sama airnya pas, 30 menit udah jadi
Kalo mau lebih cepet, posisinya di balik menghadap bawah terus digoyang, yang jlas bukan goyang dribel hahaay….  Klo di goyang 15 menit udah jadi, apa lagi pake air panas…..lebih cepet prosesnya.

Ini hasilnya haha sory gan, ini nggak bikin pcb buat elektronika. Tapi bikin gantungan kunci pake pcb. Ngak papalah sama aja :D





copas? ijin dulu cuk

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »