VAw4HBTsJIe15camAdLyxmr6Gko2NgDKdvrlkFP2

Cara Mencetak PCB Menggunakan Teknik Transfer Toner


Membuat Layout PCB dengan Pad2Pad. 

PCB atau Printed Circuit board simpelnya adalah pengganti kabel dalam rangkaian elektronika, namun dengan papan sirkuit ini rangkaian elektronika akan lebih ringkas dan efisien. ketika prototipe yang kita bangun sudah fix, maka perlu dibuatkan PCB agar lebih fungsional. 

Akan tetapi pembuatan PCB secara modern biasanya memakan biaya yang besar jika kuantitas yang kita butuhkan sedikit, dan beberapa produsen PCB custom hanya bisa menerima pencetakan PCB dalam jumlah besar. untuk itu di sini saya mencoba memberikan sedikit trik untuk mencetak PCB sendiri secara manual. tentu dengan alat dan bahan seadanya yang mudah kita jumpai. Langsungsaja:


Hal yang paling awal untuk Membuat  PCB adalah beli bahanya

Siapin dulu

Bahan

  • PCB polos, harga sekitar 5 ribu dapet 20x10 cm
  • Ferit, alias feri clorid klo gak salah rumusnya fe3CL apa apalah kagak tau, harga 7 ribu seplastik kecil
  • Wadah plastik
  • Air
  • Artpaper (sejenis kertas kalender juga bisa)


Alat alatnya 

  • Printer laser, klo gak ada ya nanti layout pcb di fotokopi.
  • Aplikasi desain pcb, situ mau pake apa terserah, saya rekomendasikan pake EAGLE, PAD2PAD, apa apalah yang penting bisa buat layout.
  • Setrika

Langkah awal

Buat desain pcb di aplikasi desainnya
Contoh: saya nggak buat papan elektronika tapi bikin gantungan kunci (mlenceng jauh dri 
pembahasana hehe) disini saya pake aplikasi pad2pad

Setelah desain nya sudah jadi, tinggal di print pake kertas artpaper itu (saya pakai kertas kalender), yang permukaanya licin, misalnya nggak ada printer laser bisa di print pake kertas hvs dulu, kemudian di fotokopi tdengan kertas art tersebut.

Langkah selanjutnya yaitu  TRANSFER TONER

langkahnya gampang kok, tinggal print layout pcb nya di tempelin ke permukaan tembaga pcb, kemudian setrika, di alasi pake kertas biar nggak lengket, di panaskan di suhu maksimal, sambil di tekan kuat sekitar 2-5 menit, lalu celupkan ke air,  lalu bersihkan sisa kertasnya, pastikan toner tetap nempel di PCB. atau bisa dipermudah menggunakan AUTAN obat nyamuk agar proses pelepasan sisa kertas lebih mudah.

dan ini hasil transfer toner, belum di masukan ke ferit
Lagkah selanjutnya yaitu proses pembuatan jalur, atau polanya

Caranya, tuangkan 1 kantong plastik kecil feriklorit kedalam air kurang lebih 1 cangkir, apa terserah berapa perbandinganya…..yang penting tidak terlalu kental dan tidak terlalu cair, agar prosesnya optimal, masalahnya jika trll kentak akan merusak jalurnya, dan sebaliknya terlalu cair akan memakan aktu yang lama.

pastikan takaran feritnya pas, bisa ditinggal atau digoyangkan agar lebih cepat. tapi jika digoyangkan pastikan lapisan tembaga mengadap ke atas agar tinta print jalur tidak tergesek dengan wadah dan merusak jalur. bisa juga dipercepat dengan cara mengggunakan air panas. tapi pastikan pakia masker agar tidak menghirup uap oksidasi.

Berikut hasilnya, bukan PCB sebenernya, tapi ini gantungan kunci dengan teknik pembuatan PCB.




Related Posts
Havid Adhitama
An Licenced Amateur Radio, Travel Enthusiast, Love about Nature, Sosio-Culture And Outdoor Activity.

Related Posts

Post a Comment