Salah satu aktivitas dalam pembelajaran online adalah komunikasi. Komunikasi
dilakukan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Komunikasi terjadi antara fasilitator
dengan peserta diklat, antar peserta, peserta dengan penyelenggara. Komunikasi
tersebut dilakukan secara synchronous maupun asynchronous. Komunikasi terjadi
secara synchronous apabila pihak-pihak yang berkomunikasi melakukan komunikasi
pada waktu yang sama dengan lokasi yang sama atau berbeda.
1. Forum Diskusi
Forum diskusi merupakan fitur komunikasi yang utama dalam pembelajaran
online. Melalui forum diskusi akan terjadi komunikasi interaktif antara fasilitator
dengan peserta, antar fasilitator, antar peserta untuk tukar pengetahuan dan
pengalaman atau sebagai sarana unjuk kerja peserta. Forum diskusi dapat
digunakankan sebagai kanal komunikasi synchronous maupun asynchronous. Ada
4 tipe forum diskusi dalam Moodle, yaitu:
1) forum tunggal sederhana, yang mana fasilitator hanya membuat satu topik untuk
dapat didiskusikan oleh setiap peserta.
2) forum standar, yang mana setiap peserta dapat berpartisipasi baik membuat topik
diskusi baru maupun menanggapi topik diskusi yang telah dibuat sebelumnya,
baik yang dibuat peserta itu sendiri maupun topik diskusi yang dibuat oleh
peserta yang lain.
3) forum refleksi, yang mana setiap peserta hanya diberi satu kesempatan untuk
membuat topik baru yang menjadi bahan diskusi, namun tidak ada batasan untuk
menanggapi topik tersebut.
4) forum tanya-jawab, yang mana fasilitator akan membuat suatu pertanyaan yang
harus dijawab oleh setiap peserta tetapi tidak dapat melihat jawaban peserta
yang lain.
2. Blog
Blog merupakan salah satu fitur komunikasi Moodle, di mana melalui blog
pengguna sistem berbasis Moodle dapat menyampaikan ide, gagasan,
pengalamannya untuk diketahui dan direspon orang lain. Setiap orang yang
mempunyai hak akses di dalam sistem berbasis Moodle dapat memanfaatkan fitur
blog tersebut.
Konsep blog Moodle tidak berbeda dengan blog secara umum, di mana
pengguna blog dapat menuliskan pengalamannya ke dalam blog tersebut dan orang
lain membaca dan atau memberikan respon.
Blog Moodle juga dapat terhubung
dengan penyedia layanan blog di luar Moodle seperti Wordpress, blogspot, dan lainlain sehingga apabila seseorang sudah mempunyai blog di luar Moodle dapat
menghubungkan blog tersebut dengan blog Moodle sehingga isi blog di luar Moodle
dapat otomatis masuk ke dalam blog Moodle.
3. Messege
Moodle juga mempunyai kanal komunikasi dalam bentuk message atau pesan.
Message di Moodle dapat dimanfaatkan untuk komunikasi synchronous maupun
asynchronous. Message Moodle dapat dalam bentuk percakapan antar individu atau
pesan pemberitahuan tentang tugas, forum atau aktivitas lainnya. Informasi di
dalam message ditujukan pada individu tertentu, tidak dalam bentuk
siaran/broadcast.
4. Chat
Chat merupakan aktivitas di Moodle yang dapat digunakan untuk komunikasi
synchronous. Pengguna dapat melakukan percakapan secara real time dengan
pengguna lain yang berada di dalam sistem. Dalam pembelajaran diklat, chat dapat
dimanfaatkan untuk beberapa hal berikut:
1) percakapan secara langsung antara peserta dan fasilitator secara khusus,
misalnya peserta berkonsultasi ke fasilitator atau fasilitator menyampaikan
pesan-pesan khusus kepada peserta.
2) percakapan langsung secara intens antar peserta untuk penyelesaian tugas
bersama.
Saya sangat setuju kak, karena dengan komunikasi online sangat berguna sekali apalagi di tengah pandemi virus corona sekarang ini. Apalagi diterapkan untuk mahasiswa sangat bagus sekali
ReplyDeleteInformasi yang cukup bermanfaat. Ijin menanggapi. Menurut saya, saat pandemi covid-19 saat ini menerapkan diskusi online. Dimana dalam diskusi online tersebut sudah memenuhi fitur-fitur yang seharusnya dilakukan. Misal, dalam presentasi kelompok penyaji melamprkan file yang berisikan materi presentasi. Lalu kelompok lainnya menanngapi berupa tanya jawab. Terkadang juga antar kelompok membutuhkan lampiran video guna mejelaskan secara real terkait materi yang sedang dipresentasikan. Terimakasih
ReplyDeleteSaya sependapat dengan Anda bahwa komunikasi daring diperlukan dalam pembelajaran, apalagi dalam masa pandemi seperti ini. Ditunggu next artikelnya.
ReplyDeleteSaya setuju dengan artikel ini, karena seiring perkembangan zaman pada bidang teknolgi, kita sebagai generasi saat ini seharusnya dapat menggunakan dan mengembangkan hasil perkembangan teknologi tersebut dalam sistem Pendidikan.
ReplyDeleteWahh saya sangat setuju dengan pemaparan informasi artikel ini, apalagi ditengah pandemik covid-19 sekarang ini kita harus stay at home dan melakukan proses pembelajaran dirumah dengan begitu komunikasi dalam kelas online sangat dibutuhkan saat ini dengan melalui forum diskusi ataupun yang lainnya kita bisa melakukan proses pembelajaran secara online seperti diskusi online, presentasi online, pengumpulan tugas secara online dll. Oleh karena itu dengan melalui komunikasi online ini kita tetap bisa mengikuti proses pembelajaran dengan dirumah aja☺️
ReplyDeleteWah artikel yang sangat bermanfaat. Terimakasih kak
ReplyDeleteArtikel yang bermanfaat, sehingga meskipun ditengah pandemi seperti ini masih bisa berkomunikasi.
ReplyDeleteWah setuju mas, sangat bermanfaat sekali
ReplyDelete