VAw4HBTsJIe15camAdLyxmr6Gko2NgDKdvrlkFP2

Komunikasi Dalam Kelas Online : (Blog atau Chat)


Salah satu aktivitas dalam pembelajaran online adalah komunikasi. Komunikasi dilakukan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Komunikasi terjadi antara fasilitator dengan peserta diklat, antar peserta, peserta dengan penyelenggara. Komunikasi tersebut dilakukan secara synchronous maupun asynchronous. Komunikasi terjadi secara synchronous apabila pihak-pihak yang berkomunikasi melakukan komunikasi pada waktu yang sama dengan lokasi yang sama atau berbeda. 


1. Forum Diskusi Forum diskusi merupakan fitur komunikasi yang utama dalam pembelajaran online. Melalui forum diskusi akan terjadi komunikasi interaktif antara fasilitator dengan peserta, antar fasilitator, antar peserta untuk tukar pengetahuan dan pengalaman atau sebagai sarana unjuk kerja peserta. Forum diskusi dapat digunakankan sebagai kanal komunikasi synchronous maupun asynchronous. Ada 4 tipe forum diskusi dalam Moodle, yaitu: 

1) forum tunggal sederhana, yang mana fasilitator hanya membuat satu topik untuk dapat didiskusikan oleh setiap peserta.

2) forum standar, yang mana setiap peserta dapat berpartisipasi baik membuat topik diskusi baru maupun menanggapi topik diskusi yang telah dibuat sebelumnya, baik yang dibuat peserta itu sendiri maupun topik diskusi yang dibuat oleh peserta yang lain. 

3) forum refleksi, yang mana setiap peserta hanya diberi satu kesempatan untuk membuat topik baru yang menjadi bahan diskusi, namun tidak ada batasan untuk menanggapi topik tersebut.

4) forum tanya-jawab, yang mana fasilitator akan membuat suatu pertanyaan yang harus dijawab oleh setiap peserta tetapi tidak dapat melihat jawaban peserta yang lain. 



2. Blog Blog merupakan salah satu fitur komunikasi Moodle, di mana melalui blog pengguna sistem berbasis Moodle dapat menyampaikan ide, gagasan, pengalamannya untuk diketahui dan direspon orang lain. Setiap orang yang mempunyai hak akses di dalam sistem berbasis Moodle dapat memanfaatkan fitur blog tersebut. Konsep blog Moodle tidak berbeda dengan blog secara umum, di mana pengguna blog dapat menuliskan pengalamannya ke dalam blog tersebut dan orang lain membaca dan atau memberikan respon.

 Blog Moodle juga dapat terhubung dengan penyedia layanan blog di luar Moodle seperti Wordpress, blogspot, dan lainlain sehingga apabila seseorang sudah mempunyai blog di luar Moodle dapat menghubungkan blog tersebut dengan blog Moodle sehingga isi blog di luar Moodle dapat otomatis masuk ke dalam blog Moodle. 



3. Messege Moodle juga mempunyai kanal komunikasi dalam bentuk message atau pesan. Message di Moodle dapat dimanfaatkan untuk komunikasi synchronous maupun asynchronous. Message Moodle dapat dalam bentuk percakapan antar individu atau pesan pemberitahuan tentang tugas, forum atau aktivitas lainnya. Informasi di dalam message ditujukan pada individu tertentu, tidak dalam bentuk siaran/broadcast.  

4. Chat Chat merupakan aktivitas di Moodle yang dapat digunakan untuk komunikasi synchronous. Pengguna dapat melakukan percakapan secara real time dengan pengguna lain yang berada di dalam sistem. Dalam pembelajaran diklat, chat dapat dimanfaatkan untuk beberapa hal berikut: 1) percakapan secara langsung antara peserta dan fasilitator secara khusus, misalnya peserta berkonsultasi ke fasilitator atau fasilitator menyampaikan pesan-pesan khusus kepada peserta. 2) percakapan langsung secara intens antar peserta untuk penyelesaian tugas bersama.




Related Posts
Havid Adhitama
An Licenced Amateur Radio, Travel Enthusiast, Love about Nature, Sosio-Culture And Outdoor Activity.

Related Posts

8 comments

  1. Saya sangat setuju kak, karena dengan komunikasi online sangat berguna sekali apalagi di tengah pandemi virus corona sekarang ini. Apalagi diterapkan untuk mahasiswa sangat bagus sekali

    ReplyDelete
  2. Informasi yang cukup bermanfaat. Ijin menanggapi. Menurut saya, saat pandemi covid-19 saat ini menerapkan diskusi online. Dimana dalam diskusi online tersebut sudah memenuhi fitur-fitur yang seharusnya dilakukan. Misal, dalam presentasi kelompok penyaji melamprkan file yang berisikan materi presentasi. Lalu kelompok lainnya menanngapi berupa tanya jawab. Terkadang juga antar kelompok membutuhkan lampiran video guna mejelaskan secara real terkait materi yang sedang dipresentasikan. Terimakasih

    ReplyDelete
  3. Saya sependapat dengan Anda bahwa komunikasi daring diperlukan dalam pembelajaran, apalagi dalam masa pandemi seperti ini. Ditunggu next artikelnya.

    ReplyDelete
  4. Saya setuju dengan artikel ini, karena seiring perkembangan zaman pada bidang teknolgi, kita sebagai generasi saat ini seharusnya dapat menggunakan dan mengembangkan hasil perkembangan teknologi tersebut dalam sistem Pendidikan.

    ReplyDelete
  5. Wahh saya sangat setuju dengan pemaparan informasi artikel ini, apalagi ditengah pandemik covid-19 sekarang ini kita harus stay at home dan melakukan proses pembelajaran dirumah dengan begitu komunikasi dalam kelas online sangat dibutuhkan saat ini dengan melalui forum diskusi ataupun yang lainnya kita bisa melakukan proses pembelajaran secara online seperti diskusi online, presentasi online, pengumpulan tugas secara online dll. Oleh karena itu dengan melalui komunikasi online ini kita tetap bisa mengikuti proses pembelajaran dengan dirumah aja☺️

    ReplyDelete
  6. Wah artikel yang sangat bermanfaat. Terimakasih kak

    ReplyDelete
  7. Artikel yang bermanfaat, sehingga meskipun ditengah pandemi seperti ini masih bisa berkomunikasi.

    ReplyDelete
  8. Wah setuju mas, sangat bermanfaat sekali

    ReplyDelete